Trending Berita

Seni Budaya Suku Aru Maluku Tenggara

Seni Budaya Suku Aru Maluku Tenggara  - Suku Arua adalah suku yang terdapat di wilayah kepulauan Aru Maluku Tenggara yang terkenal dengan kekayaan sumber daya alam serta budaya yang beraneka ragam. Suku Aru termasuk rumpun Melanesia pasifik artinya mereka tidak jauh berbeda dengan suku yang berada di Jawa, Sumatera dan Kalimantan. 

Kesenian Suku Aru : 

Senjata Tradisional yang paling terkenal dari suku Aru adalah Parang Salawaku yang berukuran 90-100cm sedangkan Salawaku (perisainya) dihiasi dengan motif motif yang melambangkan keberanian.

Senjata tradisional tersebut terbuat dari besi yang dibuat oleh seorang pandai besi khusus. Sementara pada tangkai parang tersebut terbuat dari besi atau kayu gupasa.  Salawaku digunakan untuk keperluan perang juga di gunakan sebagai properti tari Cakalele. 

Tarian Daerah Suku Aru : 

Tari yang paling terkenal suku Aru adalah tarian Cakalele yang juga sebagai tarian khas kebesaran asal Suku Aru. Tarian tersebut berupa pertunjukan tari perang yang digunakan untuk menyambut tamu dalam upacara adat. 

Dalam pertunjukanya tarian suku Aru di tampilkan oleh 0 orang penari yang terdiri dari wanita dan laki-laki dan didominasi warna kuning pada kostum penari laki - laki. Sementara untuk wanita dengan pakaian warna putih dan sapu tangan di kedua tangan. 

Alat Musik Suku Aru : 

: tifa
: drum
: flute
: keloko
: fu
: totoruga
: totobuang
: Bia

Semoga bermanfaat. 

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel