Teknik Dasar Belajar Bermain Brassline Marching Band

Teknik Dasar Belajar Bermain Brassline Marching Band - Teknik - teknik yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan basic brass mulai dari sikap hingga bermain atau meniup dalah hal yang sederhana. 

Hal - hal yang perlu diperhatikan adalah teknik yang berhubungan dengan teknik tersebut harus selalu diingat dan dilakukan secara benar serta berkelanjutan (continue). 

Terkait dengan hal teknik bermain alat tiup ataupun brass bersangkutan dengan pernafasan, posisi bibir dan posisi badan. Berikut teknik dalam pengembangan basic brass: 

:: Teknik Pernafasan Yang Tepat teknik pernafasan dalam bermain alat musik tiup diperlukan teknik khusus dan benar. 

:: Pernafasan/ Breathing sebagai modal utama yang dimiliki oleh seorang pemain brass alat musik tiup, dengan pernafasan yang benar berpotensi untuk menjadi pemain brass yang baik. 

Pernafasan yang digunakan dalam permainan brass tidak juag dengan pernafasan biasa yang dilakukan sehari - hari, yaitu pernafasan rileks atau natural. Adpun proses utama yang dilakukan dalam permainan brass, yaitu: 

- mengambil udara / inhale
- mengeluarka udara/ exhale 

Untuk inhale dan exhale tidak memmerlukan latihan khusus karena pernafasan ini pernafasan biasa.

:: Teknik Sikap pemain brass menggunakan teknik yang pernah diajarkan sehingga mempunyai fondasi yang kuat. Untuk mencapai hasil yang maksimal maka diperlukan latihan secara rutin, melakukan dengan benar, membiaskan. Selain itu juga diperlukan trik agar mempunyai kekuatan sikap pemain brass pada saat bermain alat.

Embochure adalah istilah yang digunakan untk menyebut posisi bibir pemain brass. Asal kata Embochure dari bahasa Perancis "bouche" berarti bibir. Sesuai dengan fungsinya embochure digunakan untuk menghasilkan bunyi dari instrumen dengan menggetarkan bibir sebaba jika tidak ada getaran bibir pada mouthpiece tidak akan ada suara yang dihasilkan.   

Terdapat dua jenis penempatan mouthpiece pada bibir :

- Instrumen mellophone, trumpet dan bariton/ trombon/euphonium: 2/3 bagian mouthpiece berada dibibir bagian atas dan 1/3 bagian lagi berada pada bibir bagian bawah.
- Contrabrass: sebisa mungkin lebih banyak bagian mouthpiece pada bibir bagian atas.

Teknik Dasar Belajar Bermain Brassline Marching Band
Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...