Unsur Keindahan Dalam Seni Musik

Unsur Keindahan Dalam Seni Musik - Salah satu cabang karya seni yang paling banyak dinikmati adalah karya seni musik, hampir setiap waktu berkaitan dengan karya seni tersebut. Karya seni musik terdapat berbagai ragam jenis yang lahir dan berkembang dari beragam kebudayaan. 

Secara fungsi musik digunakan sebagai pengejawantahan rasa keindahan manusia atau kebutuhan estetis, seperti yang diketahui seni musik digunakan untuk berbagai kepentingan budaya. 

Apabila dicermati seni musik lebih banyak digunakan manusia untuk memenuhi rasa estetis dan perasaan.  Tetapi pada perkembangan seni sekarang ini karya yang dihasilkan oleh para seniman dinilai tidak lagi indah menurut pandangan secara lazim. 

Menurut filosof Suzanne Langer memandang seni sebagai media untuk mengungkapkan perasaan.  Perasaan yang diungkapkan tidak identik dengan keindahan walau dengan sifat khusus untuk menghayati keindahan. 

Berikut ini  Keindahan dalam Seni Musik : 

:: Keindahan Unsur Melodi
:: Keindahan Unsur Harmoni
:: Keindahan Unsur Bahasa
:: Keindahan Unsur Tempo dan Dinamik.

:: Keindahan Unsur Melodi
Melodi adalah rangkaian nada - nada yang membentik suatu ide musikal dengan getaran teratur dan berirama.  Nada - nada melodi menghasilkan suatu keindahan tersendiri dalam musik, wilayah  nada melodi juga luas dan sempit. 

Elemen apa saja yang terdapat dalam unsur  melodi, antara lain : 
- tangga nada
- sistem nada
- jenis nada
-  sifat nada
- kunci nada
- interval nada

:: Keindahan Unsur Harmoni
Harmoni adalah gabungan dari beberapa nada yang dibunyikan secara serentak, sepadan atau selaras. Harmoni adalah hubungan antara nada - nada dalam akord. 

Contoh keindahan unsur harmoni adalah alat musik angklung yang terbuat dari potongan bambu nada yang dihasilkan setiap angklung berbeda - beda sehingga dalam pertunjukanya alat musik angklung dimainkan beberapa pemain bekerja sama untuk menghasilkan melodi dan harmoni yang indah seperti yang telah diuraikan unsur harmoni adalah gabungan dari beberapa nada. 

:: Keindahan Unsur Bahasa
Keindahan unsur bahasa dalam seni musik adalah bahasa bunyi yang dapat dihayati oleh pendengarnya. Keindahan bahasa bunyi ini berupa lirik lagu yang dalam penyajianya sangat erat kaitanya dengan : 

- huruf = not
- kata = motif
- frase = frase
- kalimat = kalimat musik
- bait = alinea
- lagu = karya

Berikut beberapa Pengertian 

:: Keindahan Unsur Tempo dan Dinamik
Dinamika dan tempo dalam seni musik adalah keras kembut dan cepat lambatnya musik yang dimainkan.  Kedua unsur antara tempo dan dinamik adalah pembentuk keindahan karya musik dengan berbagai ragam perubahan sesuai dengan lagu yang disajikan. 

Semoga bermanfaat. 

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel