Asal Muasal Batik Pekalongan

Asal Muasal Batik Pekalongan - Perpecahan di kerajaan Mataram terjadi pada masa peperangan melawan kolonial Belanda kala itu dipimpin oleh Panembahan Senopati hingga keluarga keraton hijrah  ke daerah - daerah lain salah satunya adalah Pekalongan. 

Kebiasaan yang dilakukan oleh para kerabat keraton adalah membatik dan kegiatan mereka berkembang pada ,waktu dipengungsian dan tersebar kerbagai wailayah nusantara.

Perkembangan batik dengan pesat diberbagai daerah, daerah tersebut misalnya :

: Banyurip
: Buaran
: Medono
: Simbang kulon 
: simbang wetan 
: Jenggot, dan berbagai daerah lainya. 

Daerah- daerah tersebut menjadi pusat produksi kerajinan batik. 

Kerabat keraton yang menetap di Pekalongan  membawa para pengrajin batik yang berasal dari luar daerah Pekalongan untuk bekerja membatik dan menetap di Pekalongan dan berkembang menjadi mata pencaharian mereka. Motif batik Pekalongan mem[unyai ciri tersendiri sesuai dengan keadaan daerah tersebut.

Pada awal abad ke-20 adalah awal proses pembuatan "batik pekalongan". Sedangkan batik yang paling dikenal adalah batik tulis dengan berbahan mori yang dibuat dari dalam maupun luar negeri. 

Pekajangan adalah daerah yang pertama kali dikenal sebagai penghasil 'stagen'dengan teknik menenun dan proses benang yang di pintal secara manual. Pertumbuhan dan perkembangan batik Pekalongan lebih cepat jika dibanding dengan pertenunan 'stagen'.

Teknik pembuatan batik dengan cap dikenal di daerah Pekalongan denga menggunakan pemakaian obat asal luar negeri seperti Jerman dan Inggris. 

Dalam proses pembuatan batik Pekalongan adalah hasil pertenunansendiri dan bahan pewarnanya berasal dari pohon : 
: mengkudu
: pohon soga
: pohon tom
: pohon jawa, dan lain-lain.

Hingga kini batik Pekalongan tetap eksis dan berkembang sebagai salah satu hasil seni budaya nusantara. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel