Keunikan Barongsai Tari Tradisional China

Keunikan  Barongsai  Tari Tradisional China - Estetika Barongsai - Salah satu tarian tradisional yang paling terkenal adalah Barongsai. Barongsai telah ada sejak ribuan tahun lalu dan dinasti Chin adalah catatan pertama pada abad  ke tiga SM yang terkait dengan tarian unik yang menyerupai singa tersebut. 

Ditinjau dari sejarah seni Barongsai mulai populer di zaman dinasti utara Selatan -Utara (Nan Bei) tahun 420-589 Masehi. Serangan pasukan gajah raja Fan negeri Lin Yi membuat kewalahan pasukan raja Song Wen. 

Oleh panglima Zhong Que akhirnya menciptakan boneka berupa boneka singa untuk mengusir pasukan raja Fan, dan usaha yang dilakukan oleh panglima ternyata sukses mengusir pasukan gajah dan Barongsai melegenda. 

Fungsi Barongsai

Dalam budaya tradisional China Barongsai adalah simbol kesuksesan serta keberuntungan, sehingga sering dijumpai tarian Barongsai digunakan untuk acara perayaan atau pembukaan usaha baru. Barongsai juga dipercaya dapat membersihkan suatu tempat dari hal negatif, dan bahkan tempat akan menjadi lebih bagus, menurut Feng Shui. 

Gerakan tarian Barongsai terdiri dari dua jenis, yaitu singa utara dan singa selatan. 

: Singa Utara bercirikan surai ikal dan berkaki empat dengan penampilan natural dan lebih mirip singa. 

:Singa Selatan bersisik dan berkaki dua dan empat, dan tanduk di kepala singa, sehingga mirip kilin. 

Gerakan singa utara lebih lincah dean dinamis dengan empat kaki, sedangkan singa selatan dengan gerakan kepala yang keras dan melonjak seiring tetabuhan tambur dan gong. 

Teknik memainkan Barongsai dengan mengikuti pola dasar yang sama, yaitu : 

: Tidur
: Membuka
: Bermain
: Pencarian
: Berkelahi
: Makan
: Penutup
: Tidur

Tarian barongsai juga dapat diperpanjang dan bahkan melebihi kebiasaan bermain.Iringan yang digunakan dalam tarian adalah Barongsai drum, gong dan gembreng. 

Gerakan singa adalah gerakan utama dari tari Barongsai. Adapun gerakan singa yang memakan amplop disebut dengan 'Lay See', sebagai hadiah bagi sang singa dengan menempelkan sayuran selada air "Chai Chin diatas amplop yang berlangsung separuh bagian dari keseluruhan tarian singa. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel