Keunikan Beksan Tari Wireng Keraton Kasunanan Surakarta

Keunikan Beksan Tari Wireng Keraton Kasunanan Surakarta - Kesenian tradisional di Jawa Tengah sebagian besar diciptakan di lingkungan keraton Surakarta karena memang pada zaman tersebut banyak para pujangga juga empu - empu yang mahir dibidangnya mulai dari makna filosofis jawa juga ragam kesenian tradisi yang hingga kini tetap dijaga kelestarianya sebagai ikon dan identitas budaya keraton. 

Kesenian tari tradisi yang diciptakan dilingkungan keraton dengan berbagai ragam jenis yang sebagian besar digunakan untuk kepentingan ritual keraton.  

Keraton pada zaman dulu digunakan pusat pemerintahan tempat pemerintahan yang di bentengi oleh para prajurit keraton. 

Pada zaman  pemerintahan Prabu Amiluhur diciptakan seni tari prajurit keraton dikenal dengan "wireng"  berasal dari kata  "Wira (perwira) dan Aeng " yang berarti  prajurit unggul atau linuwih dalam bahasa jawa (prajurit yang unggul). 

"Wireng" atau tarian diciptakan dengan tujuan agar putra Prabu Amiluhur  tangkas dalam olah keprajuritan dengan menggunakan alat berperang. 

Tujuan lain dari diciptakanya tarian 'Wireng' tersebut digunakan sebagai penyemangat para prajurit yang terdiri dari 4 prajurit yang sedang berlatih, gagah perkasa dengan membawa tombak dan tamen yang mencerminkan tarian perang. 

Pertunjukan Beksan Wireng : 
Dalam pertunjukanya tarian wireng dibawakan secara berpasangan oleh dua orang penari pria dengan gerakan dan busana yang seragam atau kembar dan tidak terdapat cerita tertentu tetapi tarian ini menggunakan dialog atau 'ontowecono'. 

Tarian tersebut menggambarkan oleh keprajuritan dan tanpa perang tanding tetapi tidak ada yang kalah dan menang. 

Iringan Tari : 
- gendung sampak (srepeg ) iramanya/temponya kendho/kenceng.

Gending Ladrang yang diteruskan ke gending Ketawang.

Semoga bermanfaat.

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel