Keunikan Kostum Aktor Teater Kabuki

Keunikan Kostum Aktor Teater Kabuki - Dalam pertunjukan teater perkembanganya sekedar karena bentuk tarian yang unik dan indah dengan iringan musik tetapi juga didukung oleh para pemeran aktor profesional yang mementaskan cerita tertentu.

Keunikan Kostum Aktor Teater Kabuki

Tema cerita dalam pementasan teater diperkuat berbagai macam properti dan unsur lain, seperti kostum yang dipakai bukan sekedar sebagai karakter penokohan serta peran, identitas, status sosial tokoh tapi juga mendukung ketokohan. Dalam hal ini kostum diartikan pakaian seragam perseorangan, rombongan dan juga kesatuan. 

Pementasan Kabuki rambut pemeran dihias dengan berbagai aksesoris serta topi berbentuk menyerupai payung yang terselip di Obi nya yang disebut Nurigasa. Aktor Kabuki dengan membawa pedang mencerminkan tokoh seorang samurai. 

Aksesoris lainya busana Kabuki adalah tokoh memakai selempang warna merah di dada yang disebut "karaori". "Karaori" tersebut terdapat hiasan berupa gong kecil yang disebut "Kane".

Pakain yang digunakan oleh penari berupa pakaian yang lazim dipakai pada masyarakat umumnya yang disebut dengan Kimono dengan motif bunga dan terkesan terang mencolok. 

Kostum kabuki mengalami empat tahap dalam perkembangan, yaitu :
  • Tahap I : Pemakaian Eboushi (topi samurai) yang digunakan oleh Ichikawa Danjuro dengan hiasan berupa tali kecil yang terbuat dari kumparan benang berwarna merah, putih, dan hijau. 
  • Tahap II Ichikawa Danjuro memakai Himo yang terbuat dari kain sutra yang berwarna putih.
  • Tahap III Ichikawa Danjuro menggunakan Juban atau baju dalam yang mempunyai kerah yang disebut dengan Eri atau kerah baju.
  • Tahap IV Sou adalah seperangkat pakaian luar dan celana dengan motif berlipat yang di kenakan oleh Ichikawa Danjuro berwarna coklat kemerah-merahan. 
Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel