Macam - Macam Tarian Dari Negeri Cina

Macam - Macam Tarian Dari Negeri Cina - Tarian Cina pada awalnya berfungsi sebagai tari pemujaan terhadap dewa mitologi Cina dan berkembang menjadi suatu bentuk hiburan yang diselenggarakan dalam acara jamuan kenegaraan. Tarian tersebut diperagakan oleh sekelompok wanita. 

Ragam Tarian Cina : 

:: Yangge ( Cina : 秧歌 ; pinyin : Yānggē atau "Beras Sprout Song") :: 


:: Eh ren Zhuan  ( 二人转 ) ::
Tarian tersebut ditampilkan oleh dua orang laki - laki dan perempuan. Tari Eh ren Zhuan  berasal dari  Timur Laut Cina dan tarian tersebut disajikan berupa tari dan lagu rakyat.

Selama menari para penari bernyanyi serta menari dengan properti kipas dilipat dan saputangan persegi merah. Pada awalnya tarian ini hanya hanya dinikmati oleh sebagian besar masyarakat pedesaan di Cina utara, dan kini tarian tersebut dinikmati oleh semua karena dialog lucu. 

:: Tari Baishou ::
Tari Baishou atau baishouwu (摆手舞, harfiah 'melambaikan tangan tarian')  dan tarian  kelompok  dari Tujia salah satu dari 55 etnis minoritas di Cina.  Terdapat 70 ritual gerakan dalam tarian tersebut yang digunakan untuk mewakili :
: Perang
: Pertanian
: Berburu
: Pacaran, dan aspek lain dalam kehidupan tradisional. 

:: Tari DunHuang ::
Tarian tradisional Cina yang terinspirasi dari tari 'fresko' atau lukisan dinding di Dunhuang, provinsi Gansu, Cina Barat.  Tarian tersebut banyak dipengaruhi oleh agama budhha yang identik dengan peri, teratai, dewi terbang dan mencerminkan kekayaan budaya Cina. Jenis tari Dun huang, yaitu : Dunhuang Meng, Fei Tian dan Tarian Seribu Tangan.

Macam - Macam Tarian Dari Negeri Cina

Fei Tian (Dewi Terbang)  adalah tarian yang menggambarkan dewi dari India yang digabung dengan dewi terbang mitologi Cina, menggunakan properti selendang dan rambut yang disanggul ke atas. 

Dunhuang Meng adalah tarian yang menggambarkan kemurnian, kerendahan hati serta kepercayaan si pembuat fresko terhadap dewa dan budhha dan menyebabkan bermimpi kemegahan dewa, kebaikan, wibawa dan sebagainya.

Terdapat dua jenis dewi dalam Tari Dun Huang, yaitu : 

: Dewi musik dan tarian sebuah gerakan tari yang indah, tari tersebut bertugas menyediakan musik dan tari kepada Budhha. 

: Dewi bunga gerakan tari menabur bunga bertugas menyediakan bunga untuk ritual budhha. 

:: Tari Barongsai ::

:: Tarian Naga ::  
Tarian naga adalah tarian sejenis akrobat, tarian tersebut ditampilkan sekelompok orang membawa naga dan bergerak dengan berliku dan bergelombang. 

Properti tarian naga berupa tubuh ular panjang yang dirakit membentuk lingkaran dengan hias kepala dan potongan ekor diujungnya, satu ekor naga dalam tari tersebut mencapai hingga 50 orang. 

Naga dalam kebudayaan Cina dipercaya membawa berkah keberuntungan, datang hujan, panen dan sebagainya. Ditinjau dari sejarah tarian naga ditampilkan dengan berbagai cara dan jenis warna, misalnya : 

:  Hijau adalah warna utama naga, yang melambangkan panen besar.
:  Kuning melambangkan kerajaan khidmat
:  Warna emas atau perak melambangkan kemakmuran
:  Warna merah mewakili kegembiraan sementara sisik dan ekor biasanya berwarna perak berkilauan pada setiap saat yang memberikan perasaan suasana menyenangkan.

:: Tari Shaolin Monk ::
Tarian tersebut adalah gabungan dari berbagai pengetahuan, kung fu, tata krama oleh Monks dari tradisi yang lebih dari 1500 tahun, atau penggabungan dari seni bela diri, senam dan meniru berbagai banyak energi. 

Tarian tersebut tidak terlepas dari biksu Shaolin yang datang dari Hunan Cina yang terkenal dengan ketrampilan seni bela diri. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel