Macam - Macam Teknik Berkarya Seni Rupa Terapan Nusantara

Macam - Macam Teknik Berkarya Seni Rupa Terapan Nusantara - Jenis karya seni rupa terapan hampir dapat dijumpai dalam kehidupan sehari - hari, seperti perkakas rumah tangga meja kursi dan sebagainya. 

Benda - benda tersebut disebut sebagai karya seni karena memiliki nilai keindahan tertentu dan teknik pembuatan yang beragam. Apa saja teknik yang digunakan dalam pembuatan karya seni rupa terapan, yaitu sebagai berikut : 

: Teknik Pahat
Teknik memahat adalah menciptakan karya seni dengan teknik mengurangi sedikit demi sedikit dengan alat pahat, misalnya : pembuatan relief, ukir, dan pembuatan patung. 

: Teknik Butsir
Teknik yang digunakan untuk menciptakan karya seni dengan mengurangi dan menambah bahan hingga sesuai dengan bentuk yang diinginkan, misal : pembuatan keramik.

: Teknik Cor
Teknik berkarya seni dengan menuangkan adonan berupa semen, gips dan sejenisnya ke dalam cetakan sehingga terbentuk seperti yang diinginkan, misal : pembuatan patung. 

: Teknik Las atau Gabung
Teknik menciptakan karya seni dengan menggabungkan bahan satu dengan yang lain, misalnya bahan besi logam dan sebagainya sehingga terbentuk karya yang diinginkan. 

: Teknik konstruksi
Teknik berkarya seni dengan menyusun atau menggabungkan bahan satu dengan lainya, misal: pembuatan candi, rumah dan bangunan lainya.

: Teknik Cetak
Teknik menciptakan karya seni dengan membuat cetakan, misal : pembuatan keramik dan patung.

: Teknik Tatah 
Teknik menciptakan karya seni dengan mengurangi bahan seperti kayu, batu dan sebagainya sehingga menghasilkan karya seperti yang diinginkan, misalnya : ukira, relief dan patung

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel