Makna Filosofi Motif Tumpal Batik Pesisiran

Makna Filosofi Motif Tumpal Batik Pesisiran - Motif batik tumpal adalah motif ragam hias pesisiran yang diserap dari kebudayaan India dan menjadi ragam hias batik khas daerah pesisiran.

Makna Filosofi Motif Tumpal Batik Pesisiran

Makna Filosofi Motif Tumpal Batik Pesisiran

Sesuai dengan sejarah batik motif batik berawal dari Keraton seperti yang ragam hias batik yang jauh dari keraton perkembangan batik sesuai dengan masyarakat pendukungnya. 

Motif Tumpal awalnya berasal dari luar keraton dan daerah pesisir adalah inspirasi dari budaya tekstil India. Harmen c. veldhuisen yang terdapat dalam bukunya "Batik Belanda" pada abad ke - 16 menyebutkan kapal membawa kain - kain India dari pantai Koromandel. 

Kain tersebut dikenal dengan nama : 
- Serasah dengan motif tumpal
- Kumitir atau sembagi 

Makna Filosofi Motif Tumpal  oleh masyarakat pendukungnay digunakan sebagai penolak bala, motif tersebut bergambar segitiga runcing dengan sebagai lambang gigi buaya. 

Motif Tumpal pada zaman dahulu dipakai berdasarkan dari jenis kelamin pemakai. misal motif untuk pria tumpal diletakan dibelakang dan motif diletakan dibagian depan untuk pemakai perempun. 

Peletakan motif tumpal sangat beragam seperti bagian sisi kiri dan kanan, ditengah kain bahkan disisi atas dan bawah kain. 

Motif tumpal yang dikenal batik pesisiran : 

: Pucuk rebung (tumpal sorot)
: Tumpal cepet (tumpal kombinasi)
: Tumpal buk
: Tumpal bendera
: Tumpal kopi susu
: Tumpal Seritan 

Sesuai dengan perkembanganya kini motif batik semakin bervariasi dengan beragam bentuk seperti pakaian dan sebagainya. 

Semoga bermanfaat. 
Floryday WW

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Floryday WW