Makna Filosofis Tifa Panjang

Makna Filosofis Tifa Panjang -  Tifa panjang adalah seni tari kreasi dengan menggunakan alat musik Tifa. Tifa adalah alat musik yang terbuat dari kayu didesain dengan lubang didalamnya dan untuk menghasilkan nada atau bunyi digunakan kulit soa - soa bahasa setempat (membranofon) atau kulit biawak. Jenis tarian ini berkembang di wilayah timur Indonesia.

Tifa Telah berkembang keberadaanya dan tidak saja dikenal olah masyarakat Maluku tetapi juga dikenal secara luas di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Kesenian tersebut ditampilkan oleh masyarakat Papua dan Maluku dalam setiap event festival budaya. 

:: Makna Filosofis 
Tifa adalah alat yang berfungsi untuk mempersatukan serta menghimpun warga serta mampu untuk menghimpun komunitas masyarakat berkumpul bersr]ama bersatu padu dalam kebersamaan. Lantunan tetabuhan Tifa tersebut ibarat seperti magnet sehingga masyarakat setempat akan tergerak menuju asal lantunan tetabuhan Tifa.  Tifa adalah alat penggerak "social capital". 

Dari uraian tersebut sehingga dari salah satu Yayasan di Indonesia mengabadikan dan mempergunakan Tifa karena nilai manfaat serta nilai filosofis. 

Bunyi yang dihasilkan dari alat tersebut berasal dari lubang resonansi disertai dengan adonan ampas sarang lebah madu yang menghasilkan benjolan atau bulatan kecil pada permukaan kulit soa soa. Bulatan tersebut diyakini sebagai penghasil gema yang berfungsi menyenandungkan tifa panjang. 

Tarian unik tersebut diselenggarakan untuk upacara sykuran serta ritual 'sasi' dan 'sinara'. konon pada saat tifa panjang mulai ditampilkan para tetua mulai kerasukan ruh nenek moyang mereka. 

Secara fungsinya alat musik perkusi tersebut untuk menambah khidmat berlangsungnya upacara ritual. Tetabuhan tifa juga digunakan untuk penyembuhan penyakit atau sejenis pengusiran roh jahat. 

Kini seiring perkembangan zaman Tifa mulai ditampilkan diberbagai pentas kesenian mulai dari upacara ritual, pemerintahan bahkan festival berskala internasional. Nilai magis alat tersebut kini telah mengalami evolusi walau nilai filosofis tetap. 

Semoga bermanfaat. 

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel