Makna Motif Ragam Hias Batik Tionghoa

Makna Motif Ragam Hias Batik Tionghoa - Budaya Tionghoa adalah budaya yang tertua dan kompleks. Di Indonesia misalnya warga negara keturunan Tionghoa banyak tersebar di berbagai kota di Indonesia, budaya Tionghoa juga telah dikenal luas seperti 'klenteng' sebagai tempat ritual budaya Tionghoa. 

Budaya daerah Tionghoa yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia salah satunya adalah batik asal Tionghoa. Tionghoa dengan motif batiknya mengandung makna filosofi atau perlambang khusus. Berikut makna filosofis motif ragam hias Tionghoa : 

: Kupu-kupu dan Bebek Mandarin 
Ragam tersebut sebagai perlambang cinta abadi, kupu - kupu bermakna sebagai penjelamaan "Sampek - Engtay" dan bebek Mandarin simbol mempunyai satu pasangan hidup sepanjang hayat.

: Naga dianggap sebagai makhluk supranatural baik serta bijak dan dianggap sebagai penjelmaan Dewa. Naga juga menggambarkan simbol laki -laki (Yang) dan melambangkan : 
- kesuburan
- hujan di musim semi, dan hujan secara umum dan disebut sebagai Qinglong atau naga biru Naga di timur .

: Burung Hong pada abad ke-4 SM. dalam catatan sejarah musim semi dan musim gugur terkait dengan burung hong sebagai simbol negeri yang dipimpin oleh raja bijaksana. Burung hong adalah pemimpin hewan-hewan berbulu. Makna simbol Burung Hong dengan naga menjadi simbol permaisari pendamping kaisar (naga). 
: Bunga Peony digabung dengan burung hong akan menjadi lambang orang yang dicintai. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel