Musik Keroncong :: Makna Pertunjukan Musik Keroncong

Musik Keroncong :: Makna Pertunjukan Musik Keroncong - Karya estetik adalah sesuatu yang objektif dan bermakna bagi kehidupan manusia, sebab tanpa makna apa yang dikerjakan oleh manusia sama dengan "tiada". Namun makna tak selamanya menyertai sebuah karya estetik, hanya dalam hal-hal khusus makna juga secara total hadir dalam karya estetik (Theodor Ardono dalam Sachari, 2002:98). 

Bentuk setiap karya seni mengisyaratkan adanya nilai estetik bagaimanapun rumitnya karya seni itu. Berikut ini makna atau keindahan yang terdapat dalam musik keroncong terdapat beberapa unsur, yaitu : 

: lirik lagu
: melodi dan ritme
: Iringan musik
: Penampilan penyanyi

Keindahan Lirik Lagu 
Keindahan lirik lagu mampu untuk menyentuh hati pemirsa banyak lagu - lagu yang terkenal karena keindahan lirik, selain itu lagu tersebut juga mudah diingat dan enak dinyanyikan. 

Keindahan Melodi dan Ritme
Musik keroncong mempunyai ciri tersendiri dibanding dengan musik lainya. Seorang penyanyi keroncong mempunyai skill tersendiri, misalnya:

- pembawaan melodi yang bersifat improvosasi dan bercengkok dan gregel membutuhkan ungkapan tanggapan jiwa dari penyanyi. 

Keindahan Musik Iringan
Alat musik yang digunakan untuk iringan musik keroncong terdiri dari tujuh alat musik selengkapnya, yaitu : biola, flute, gitar, ukulele, banyo (cak atau cak tenor, dan bas. Ketujuh alat tersebut bermain dengan berimprovisasi dan  peranan masing - masing alat berbeda - beda. 

Contoh : 

Alat musik berfungsi Melodi : Biola dan flute
Alat musik sebagai pengiring : gitar, banyo, cello dan bass

Keindahan Penampilan Penyanyi
Keindahan yang muncul dalam pertunjukan musik keroncong adalah penampilan penyanyi dari kostum yang dikenakan.  Kostum atau busana yang dipakai untuk penyanyi wanita biasanya menggunakan kebaya dan penyanyi pria memakai jas didukung dengan penyajian yang luwes serta sopan dan berkarater keroncong, sehingga nampak etis dan estetis. 

Musik Keroncong :: Makna Pertunjukan Musik Keroncong

Semoga bermanfaat. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel