Pengertian :: Arti Seni Kriya :: Unsur - Unsur Seni Kriya

Pengertian :: Arti Seni Kriya :: Unsur - Unsur Seni Kriya - Seni kriya, asal kata seni kriya berasal dari "Kr" bahasa Sansekerta berarti mengerjakan yang dari arti tersebut berkembang makna menjadi, karya kriya dan kerja. Kata tersebut terkait dengan proses pengerjaan seni kriya membutuhkan ketrampilan atau skill yang khusus. 

Seni kriya adalah karya seni yang diwariskan secara turun temurun sejak zaman kerajaan di Jawa dan suatu karya seni yang khusus didalam bidang seni kerajinan. Pada zaman tersebut karya seni kriya hanya dikonsumsi oleh kalangan bangsawan atau masyarakat elit saja. Masyarakat elit adalah masyarakat yang bertempat tinggal di luar tembok keraton. 

Seni kriya adalah karya seni yang mempunyai keunikan paling banyak dibandingkan karya seni lain, hal tersebut didukung "craftmanship" atau ketrampilan yang tinggi dan memadai. Seni kerajinan lebih dipandang kasar, contohnya dalam pembuatan keris serta pisau mulai dari bahan serta kemampuan pembuat. 

Apa saja unsur - unsur dalam Seni Kriya, adalah sebagai berikut : 

:: Utility atau aspek kegunaan
Security adalah jaminan tentang keamanan orang menggunakan barang-barang itu.
: Comfortable adalah enaknya digunaka atau barang yang memiliki nilai praktis yang tinggi.
: Flexibility adalah keluwesan penggunaan atau memberikan kemudahan agar sipemakai tidak mengalami kesulitan. 

:: Estetika atau syarat keindahan
Karya seni atau barang terapan akan lebih enak dipandang jika sipemakai nyaman serta merasa, sehingga barang didukung dengan wujud estetik. 

Semoga bermanfaat. 

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel