Pengertian :: Fungsi Dan Bentuk - Bentuk Ornamen

Pengertian ::  Fungsi Dan Bentuk - Bentuk Ornamen - Ornamen juga dikenal dengan ragam hias yang dapat dijumpai pada hiasan produk hal tersebut terkait dengan pendapat Gustami (1980) ornamen adalah komponen produk seni yang ditambahkan atau sengaja dibuat untuk tujuan sebagai hiasan. 

Asal kata ornamen adalah dari kata "ornare" bahasa latin yang berari menghiasi. Fungsi dari ornamen yaitu untuk menghias benda produk, atau barang produk yang dihiasi berupa ornamen.  Benda - benda produk mungkin sudah indah dan sesuai porsi tertentu benda produk akan semakin indah. 

Pemberian ornamen pada karya produk bukan semata untuk mengisi bidang kosong saja atau tanpa arti, tetapi terdapat nilai tersendiri, contohnya karya ornamen masa lalu. Adapun fungsi dari berbagai macam bentuk ornamen, yaitu : 

:: Fungsi Murni Estetis
:: Fungsi simbolis
:: Fungsi teknis konstruktif

:: Fungsi Murni Estetis atau Keindahan
Fungsi murni estetis adalah pemberian ornamen pada produk sehingga bernilai seni. Contohnya  ornamen pada benda produk : anyam,  tenun,  perhiasan, keramik, senjata tradisional, peralatan rumah tangga,  kriya kayu dan kulit. Pada karya tersebut banyak menekankan nilai estetis dengan menerapkan ornamen. 

:: Fungsi Simbolis
Ornamen simbolis dapat dijumpai pada benda produk upacara, benda pusaka yang bersifat kepercayaan atau keagamaan yang menyertai nilai estetis. 

Contoh Ornamen simbolis misalnya : motif burung, motif kala, motif naga, motif garuda. 
Motif - motif simbolis serupa dapat dijumpai pada bangunan kuno seperti candi yang berupa motif banaspati atau muka raksasa yang sebagai simbol penolak bala. 

Sedangkan motif simbol biawak adalah penjelmaan roh nenek moyang.
Motif naga sebagai lambang dunia bawah.
Motif burung sebagai simbol dunia atas atau gambaran roh yang terbang menuju surga.

Motif tersebut dapat dijumpai digerbang Kemagangan di kompleks keraton Yogyakarta dengan motif dua ekor naga berbelitan pada bagian ekornya sebagai simbol tanda "titimangsa" berdirinya keraton, simbol raja dan rakyat yang selaras berkonsep "manunggaling kawula gusti" serta kepercayaan tradisi Jawa.

:: Fungsi Teknis Kosntruktif 
Fungsi ornamen konstruktif adalah ornamen yang digunakan untuk memperkokoh konstruksi bangunan seperti menopang, penyangga, talang air, tiang, bumbungan atap yang didesain dengan bentuk ornamen yang selain indah juga berfungsi sebagai konstruksi.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel