Peninggalan Seni Rupa India

Peninggalan Seni Rupa India - Kebudayaan yang berkembang di India sejak 3000 SM di lembah sungai Indus – Pakistan. Karya - karya seni yang ditemukan adalah sebagai bentuk kebudayaan yang bermutu tinggi. Adapun karya seni peninggalan di India, yaitu : 

Peninggalan Seni Rupa India

:: Seni Bangunan ::
Berupa reruntuhan bangunan yang ditemukan di dua kota lama (Mahenjo - Daro dan Harapa). Bangunan tersebut dibentuk dengan menggunakan batu bata dan bersistem sentral serta bangunan yang bertingkat. 

:: Seni Patung :: 
Peninggalan seni patung dengan berbagai ragam naturalis serta stilasi yang terbuat dari batu logam dan kayu. 

:: Seni Relief :: 
Seni Relifef di India berupa materai piktegraf dari lempengan tanah liat dan dengan hiasan gambar binatang seperti badak atau lembu dan singa juga tulisan yang hingga kini belum bisa di baca. 

Perkembangan seni dengan corak khusus muncul sejak penyebaran ajaran Hindu dan Budha. Kesenian yang dihasilkan dari aliran agama tersebut lebih mengarah pada perlambangan atau simbol dengan berpedoman pada buku yang disebut “Silfa Sastra”. 

Seni Patung India 
Sebelum Penganut Budha belum mengenal patung masih bersifat Ai-Iconis (tidak mengenal patung sebagai media pemujaan) Budha hanya diwujudkan dalam perlambangan, seperti Tahta Budha, Cakra Budha atau Telapak Kaki Budha. 

Seni patung mulai diciptakan oleh masyarakat Budha setelah mendapat pengaruh dari kesenian Yunani - Romawi yaitu patung berbentuk manusia, berciri dan bergaya seni patung Yunani (Dewi Apolo). 

Ciri - Ciri Patung Yunani : 

: Bergaya Realis
: Muka lonjong
: Rambut bergelombang
: Sikap duduk kaki berjuntai

Ciri khas patung India akhirnya diciptakan dengan ciri dan nilai keindahan tersendiri dengan raut muka seperti orang India, duduk bersila dan tangan tertentu yang berarti (Mujra). 

Seni Lukis Dan Seni Relief India
Seni relief di India terdapat pada dinding di dalam biara dengan teknik fresco, yaitu membuat lukisan pada dinding ketika dinding masih basah, seni tersebut banyak di jumpai di dinding candi Hindu. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel