Ragam Keunikan Tarian Tradisional Indonesia

Ragam Keunikan Tarian Tradisional Indonesia - Seni tari adalah jenis seni pertunjukan yang didominasi dengan gerakan. Gerakan - gerakan tari ditampilkan biasanya mengandung makna dan ciri tersendiri sesuai dengan kebudayaan daerah tersebut yang juga mempunyai keunikan tersendiri: 

Apa Saja keunikan Tari Tradisional Indonesia itu? Berikut selengkapnya :

:: Gerak 
Gerak tari terkait dengan irama serta aliran tenaga tertentu, tenaga yang dialirkan dalam gerakan tari seperti : pelan, lembut, cepat dan ada pula yag membutuhkan tenaga yang kuat. Dalam pertunjukanya gerakan tersebut menjadi satu kesatuan antara irama dan ketepatan gerakan, itulah salah satu keindahan dalam tari.

Contoh : Keunikan Makna Gerakan Tari Papua

:: Iringan
Iringan dalam pertunjukan tarian biasanya disesuaikan dengan gerakan dan juga memperindah gerakan tari. Seni tari terbagi menjadi dua unsur , yaitu : 

- unsur gerak
- unsur bunyi

Kedua unsur tersebut saling mendukung dan merangkai agar ekspresi dan ide dapat tersampaikan. Fungsi iringan tari, yaitu : 

:: membantu mengatur waktu dan irama
:: membantu dalam menggambarkan suasana
:: membantu dalam penegasan ekspresi gerak

Iringan yang digunakan dalam pertunjukan tari berbeda - beda antara daerah satu dengan yang lain dan alat musik yang digunakan juga sangat beragam. 

:: Busana
Busana atau kostum tari adalah sebagai faktor pendukung yang mampu memberikan keindahan dan nilai tersendiri. Fungsi kostum tari, yaitu : 

: Mendukung hidupnya watak/ karakter pelaku
: Membedakan antara pemain satu dengan yang lain
: Sebagai media bantu untuk membangun gerak pemain.

Busana atau kostum tari dalah busana yang digunakan sehari - hari dan berkembang menyesuaikan busana daerah. Adapun busana yang menyesuaikan tarian yang dibawakan atau tema tarian.

:: Rias
Tata rias dalam tarian berfungsi untuk menggambarkan watak atau tokoh. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel