Trending Berita

Ragam Keunikan Tarian Tradisional Indonesia

Ragam Keunikan Tarian Tradisional Indonesia - Seni tari adalah jenis seni pertunjukan yang didominasi dengan gerakan. Gerakan - gerakan tari ditampilkan biasanya mengandung makna dan ciri tersendiri sesuai dengan kebudayaan daerah tersebut yang juga mempunyai keunikan tersendiri: 

Apa Saja keunikan Tari Tradisional Indonesia itu? Berikut selengkapnya :

:: Gerak 
Gerak tari terkait dengan irama serta aliran tenaga tertentu, tenaga yang dialirkan dalam gerakan tari seperti : pelan, lembut, cepat dan ada pula yag membutuhkan tenaga yang kuat. Dalam pertunjukanya gerakan tersebut menjadi satu kesatuan antara irama dan ketepatan gerakan, itulah salah satu keindahan dalam tari.

Contoh : Keunikan Makna Gerakan Tari Papua

:: Iringan
Iringan dalam pertunjukan tarian biasanya disesuaikan dengan gerakan dan juga memperindah gerakan tari. Seni tari terbagi menjadi dua unsur , yaitu : 

- unsur gerak
- unsur bunyi

Kedua unsur tersebut saling mendukung dan merangkai agar ekspresi dan ide dapat tersampaikan. Fungsi iringan tari, yaitu : 

:: membantu mengatur waktu dan irama
:: membantu dalam menggambarkan suasana
:: membantu dalam penegasan ekspresi gerak

Iringan yang digunakan dalam pertunjukan tari berbeda - beda antara daerah satu dengan yang lain dan alat musik yang digunakan juga sangat beragam. 

:: Busana
Busana atau kostum tari adalah sebagai faktor pendukung yang mampu memberikan keindahan dan nilai tersendiri. Fungsi kostum tari, yaitu : 

: Mendukung hidupnya watak/ karakter pelaku
: Membedakan antara pemain satu dengan yang lain
: Sebagai media bantu untuk membangun gerak pemain.

Busana atau kostum tari dalah busana yang digunakan sehari - hari dan berkembang menyesuaikan busana daerah. Adapun busana yang menyesuaikan tarian yang dibawakan atau tema tarian.

:: Rias
Tata rias dalam tarian berfungsi untuk menggambarkan watak atau tokoh. 

Semoga bermanfaat. 

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel