Sejarah Dan Ciri - Ciri Seni Rupa Di India

Sejarah Dan Ciri - Ciri Seni Rupa Di India  - Seni rupa berkembang di setiap negara di dunia seiring dengan peradaban kebudayaan di suatu negara. Seni rupa di India misalnya, kehidupan masyarakat di India terdapat kasta yang mengikat.

Sejarah Dan Ciri - Ciri Seni Rupa Di India

Kebudayaan yang terdapat di India seperti karya seni adalah refleksi kebudayaan, sehingga karya seni dengan nilai keindahan dalam hal artistik misalnya, biasa dapat dijumpai pada karya seni India di masa lampau. 

Peradaban pertama kali yang ada di India diperkirakan peradaban Indus atau Sindhu di dalam bahasa Sansekerta, yang dapat diidentifikasi dari berbagai benda artefak kebudayaan masa lampau. 

Di India terdapat sistem kasta, kasta tertinggi terdiri dari bangsawan dan kasta terendah terdiri dari rakyat jelata dengan dua aliran agama yaitu Hindu dan Budhha. Kasta di dalam hindu masih dipegang erat dalam menjalani diberbagai aspek kehidupan, sedangkan agama budha menolak sistem kasta. 

Dua aliran agama tersebut mempengaruhi adanya corak dalam karya seni yang diciptakan seperti bentuk patung, sastra dalam kitab suci dan arsitektur. Karya seni peninggalan India diciptakan untuk keperluan keagamaan seperti patung sang budha yang terdapat pada agama budha, sehingga antara agama dan karya seni selalu ada dalam segala aspek kehidupan manusia. 

:: Ciri Kebudayaan yang di pengaruhi agama ::
terkait dengan penyebaran agama hindu banyak ditemui karya seni patung dewa yang banyak di jumpai di berbagai wilayah di Indus, yaitu bangsa Arya. Corak karya seni agama hindu berciri perwujudan dari para dewa, seperti dewa Siwa, Wisnu, Brahma. 

Sedangkan tempat ibadahnya berupa Candi atau kuil sebagai tempat pemujaan para dewa. 

Kerajaan yang berpangaruh di dalam arsitektur hindu di India Selatan, yaitu : 

: Kerajaan Pallava
: Kerajaan Chola
: Kerjaan Chaluknya Badami
: Kerajaan Rashtrakuta
: Chalukya Barat
: Kerajaan Vijayanagar

Arsitektur agama Hindu di India, terdapat tiga langgam, yaitu : 

: Langgam Hindu Selatan
: Langgam Utara atau Hindu Arya
: Langgam Kasmir atau Punjab

:: Pengaruh Budha
Agama budha tersebar di negara Nepal dan sebagian kecil di India. Agama budha dalam kepercayaanya dari ajaran Budha yaitu kitab Tripitaka sebagai pegangan hidup para pengikut. 

Bentuk Karya seni agam Budha berupa patung budha dengan berbagai posisi, duduk, berdiri atau tidur. Budha juga tidak mengenal kasta, tetapi penganut budha mempercayai kehidupan manusia melalui berbagai tingkatan, tingakatan teratas adalah nirwana (kematian). 

:: Seni Arsitektur Agama Budha :: 

: Stupa
- Harmika
- Yasthi
- Stambha
- Vedik
- Torana

: Cahityna Griha 
: Monateries (Vihara)

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel