Sejarah Proses Pewarisan Tarian Klasik Tiongkok

Sejarah Proses Pewarisan Tarian Klasik Tiongkok - Ribuan tahun silam 'wushu' atau ilmu persilatan telah berkembang di Tiongkok. Seni Pertunjukan pada zaman itu lebih banyak mengedepankan pertunjukan gerakan anggota tubuh, teknik ketrampilan dan gerakan lain yangterdapat dalam wushu. 

Gerakan - gerakan dasar dalam tarian klasik Tiongkok mempunyai kesamaan dengan gerakan yang terdapat pada wushu, tetapi dalam hal cara penampilanya saja yang berbeda. 

Tarian klasik  Tiongkok terus menerus diperkaya selama 5000 tahun sepetti irama tubuh yang ada pada tari klasik Tiongkok.  Gerakan tubuh adalah sebuah manifestasi berdasar orak keanggunan bangsa  dengan daya pesona bangsa Tionghoa. 

Ditinjau dari pewarisan tarian klasik Tiongkok diantaranya melalui seni teater dan diwariskan dengan saling mempelajari dan meniru seni akrobat lebih didominasi ketrampilan wushu dengan gerakan utama jungkir balik. 

Seni akrobat banyak dijumpai pada masa dinasti Tang dan Xong dengan corak serta teknik ketrampilan masa awal tarian Tiongkok klasik, misalnya pada seni akrobat gerakan jungkir balik hampir semua akrobat menggunakan sebagai timbal balik seni ketrampilan dalam kebudayaan Tiongkok. 

Perubahan ciri kebudayaan dipengaruhi oleh bentuk pergantian dinasti yang berbeda setiap dinasti membawa generasi baru dan kebudayaan baru. 

Proses Pewarisan Seni budaya Tiongkok : 

: mewariskan generasi demi generasi, yaitu generasi tua menurunkan ilmunya kepada siswa

: Sejak usia remaja berguru pada master belajar seni ketrampilan yang disebut mencapai kemahiran atas bimbingan guru. 

:  Mempelajari dan membimbing di antara yang senior dan yang yunior pewarisan tarian istana kerajaan. 

: Seni akrobat sebagai seni keluarga dan wushu diwariskan dari leluhur maupun sang master. 

: Keagamaan diwariskan dari aliran Buddha maupun Tao setelah siswa melepaskan kehidupan duniawi. 

Pewarisan modern dan sistematis dimulai pada pertengahan abad. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel