Tari Tradisional Etnis Qiang Tiongkok

Tari Tradisional Etnis Qiang Tiongkok - Di dalam naskah kuno Tiongkok tercatat suku Qiang asal dari penguasa legendaris Yu yang Agung. Uisa dari masa Yu yang Agung lebih dari 400 tahun lalu, suku tersebut mengaku sama tuanya dengan peradaban Tiongkok. 

Suku Qiang mulai bermigrasi ke dataran yang lebih rendah di daerah sungai kuning  yang tadinya dari pegunungan selama masa pemerintahan dinasti Han. Budaya tradisi suku Qiang tetap dipertahankan dan kental walau berbaur dengan suku Han yang mendominasi wilayah tersebut. 

Terdapat tiga jenis tarian tradisional suku Qiang, yaitu: 

: Tarian riang
: Tarian Religius
: Tarian Seremonial

Tarian yang paling umum adalah tari 'Salang' tarian yang diselenggarakan untuk berbagai keperluan seperti perayaan, pernikahan, panen, dan yang lebih unik lagi adalah upacara pemakaman menampilkan tarian 'Salang' . 

Pertunjukan tari tersebut para pria berbaris di depan wanita dengan formasi panang dan saling berpegangan dan membentuk kelompok di sekeliling api unggun. 

Tarian tersebut tidak menggunakan iringan instrumen musik dan bunyi yang dihasilkan dari gerakan kaki dan panggul yang rumit serta nyanyian mereka adalah sebagai musik. 

Semoga bermanfaat.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel