Estetika Tari Gumboot Tarian Sepatu Bot Afrika Selatan

Estetika Tari Gumboot Tarian Sepatu Bot Afrika Selatan - Tari Gumboot atau  isicathulo tarian khas dari Afrika selatan yang dilakukan oleh para penari Gumboot menggunakan sepatu bot Wellington dan lebih di Afrika disebut dengan "bersepatu", yang sepatu yang dipakai oleh para penari dihiasi dengan lonceng. 

Estetika Tari Gumboot Tarian Sepatu Bot Afrika Selatan

Konsep tarian melalui gerakan penari yang indah Gumboot menggunakan konsep polyryhtem. Tarian tersebut menggambarkan dari para pekerja tambang yang ada di Afrika Selatan. 

Tarian tersebut diperkirakan lahir dari para penambang emas pada abad ke 19. Para penambang selain bekerja di kegelapan juga dilarang keras berbicara dan jika ketahuan berkomunikasi di area tambang maka akan dihukum oleh bos kerja mereka. 

Komunikasi unik akhirnya tercipta dari para penambang dengan pola komunikasi, seperti menepuk sepatu bot dan sebagainya. Dalam pementasanya irama dikolaboraikan dengan tarian suku Afrika melalui ketukan ritme alat musik perkusi Afrika

Sementara aktivitas serupa juga diklaim tercipta di jalanan dipemukiman miskin Soweto, yaitu kelompok anak - anak yang berjoget dengan sepatu botnya pada pertengahan tahun 70-an. 

Makna Filosofi Tarian : 
Gerakan tarian yang bersemangat sebagai lambang masa depan yang akhirnya berubah kearah yang lebih baik.  Pertunjukan sepatu bot lebih meriah dari bunyi lonceng yang menambah keramaian ketukan ritme gerakan dan juga kode bahasa. Kostum yang berupa seragam penambang emas adalah bukti tari Gumboot berasal. 

Deskripsi Tari Gumboot : 
Penari menggunakan kostum penambang emas serta sepatu yang dihiasi lonceng yang menghasilkan bunyi tertentu, sepatu bot yang dihentakan ke tanah akan menghasilkan kode yang berbeda dan menjadi komunikasi tertentu. 

Tari Gumboot adalah tari kelompok dengan gerakan yang kompak dengan serempak melompat diatas satu kaki, dan topangan kaki berganti serta kedua tangan menepuk keras sisi atau sepatu bot, dan para penari bersorak secara bersamaan. 

Gerakan gari gumboot juga diiringi dengan nyanyian dengan musik iringan gendang yang bertalu, tepukan tangan dan tepukan pada sepatu bot yang tidak ada henti - hentinya. 

Tari Gumboot dengan iringan musik pada Juli 1999 di Afrika Selatan, dan hak cipta karya tersebut diakui sebagai satu dari banyaknya kesenian di Afrika Selatan. Tarian Gumboot dapat dijumpai di jalan atau daerah wisata di Afrika Selatan seperti victoria dan alfrea waterfront.

Semoga bermanfaat. 
Floryday WW

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Floryday WW