Jenis - Jenis Seni Teater Tradisional Korea Selatan

Jenis - Jenis Seni Teater Tradisional Korea Selatan - Seni Teater tradisional Korea terdapat beberapa jenis dengan ciri dan keunikan tersendiri dalam pertunjukanya. Keunikan apa saja yang terdapat  pada pertunjukan seni teater tradisional, berikut ini beberapa keunikan teater tradisional yang terkenal di Korea selatan. 

Jenis - Jenis Seni Teater Tradisional Korea Selatan

:: Misio ::
Kesenian teater tradisional yang dalam pertunjukanya berbentuk Medley yang terdiri dari beberapa kesenian, yaitu kesenian : Salmunori, Pansori, Gugak, dan Ogomu

Kesenian teater Misio pertama kali dibuka bagi umum di Chongdong Teater pada tahun 1997. Teater tersebut dengan durasi yang cukup panjang dan dikenal teater yang mampu menarik perhatian penonton yang menyajian Cerita wanita yang sedang jatuh cinta. Dalam pertunjukanya kisah percintaan digambarkan dengan rangkaian tarian salputri atau tari untuk mengusir nasib buruk. 

:: Pansori ::
Kesenian tradisional Korea yang pada tahun 2003 Pansori ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO. Pertunjukan Pansori dengan format sandiwara serta nyanyian yang dirangkai menjadi cerita utuh. 

:: Talchum :: 
Seni teater tradisional Korea yang berarti tarian topeng dengan menyajikan unsur tari, musik dan teater. Sedangkan para pemimpin menggunakan topeng dan memainkan naskah dan juga nyanyian. Identitas para pemain dirahasiakan melalui topeng yang digunakan, hingga kini kesenian tersebut masih tetap dipertahankan. 

:: Deolmi ::
Deolmi pertunjukan permainan wayang oleh kelompok Namsadang, namanya berasal dari carai  menggerakan deolmi atau tengkuk pada boneka.  

Kesenian serupa pada zaman dahulu bernama : 

: kkokdugaksi noreum
: bakcheomji noreum
: hongdongjii noreum

Hingga kini kkokdugaksi noreum masih dipentaskan dengan tema cerita penyalahgunaan kekuasaan pemimpin dan perlawanan dari masyarakat. Pertunjukanya dengan properti boneka sejumlah kurang lebih emapt puluh boneka atau wayang yang disajikan dalam dua episode, terbagi tujuh segmen serta saling berhubungan. 

:: Deotboegi :: 
Pementasan teater yang berisi lawakan serta lakon konflik antara kaum bangsawan dan rakyat jelata yang terdiri dari empat episode. Teater Deotboegi dipentaskan oleh kelompok Namsadang yang digunakan menarik minat dari para penonton lokal. 

:: Changgeuk :: 
Kesenian Changgeuk adalah perkembangan dari seni Pansori opera tradisional yang menyajikan cerita rakyat Korea. Kesenian tersebut pertama kali dipentaskan pada tahun 1903 di Hyeopnyulsa. Pementasan pertama Changgeuk adalah kisah Chunhyang. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...