Kesenian Tari Rakyat Mongolia

Kesenian Tari Rakyat Mongolia - Mongolia sebagian besar wilayahnya terdapat di Gurun Gobi dan sebagian penduduknya etnis Mongolia. Jenis kesenian yang terdapat di Mongolia salah satunya adalah seni tari. Tari Tage dikenal sebagai tari paling awal di Mongolia, tarian tersebut didominasi tarian kaki yang disertai dengan nyanyian. 

Kesenian Tari Rakyat Mongolia

Sumber penciptaan tari Tage dilatar belakangi kehidupan pastoral dan pekerjaan gembala. Sedangkan jenis tarian pria di di Mongolia cenderung kasar, hati singa dan penuh dengan kekuasaan. 

Tarian laki - laki yang terkenal diantaranya : 

: Kuda 
: Tari pedang
: Tari elang
: Tari Roughrider

Pertunjukan dari tari menampilkan keindahan serta meggambarkan kejantanan dan etos kerja. 

Petunjukan Tari Mongolia : 

Tari elang dan kuda adalah jenis tarian yang kuat, dalam tradisi Mongolia elang adalah simbol kemenangan, dan juga digunakan sebagai sarana pengobatan dibeberapa daerah misalnya upacara "elang putih melompat " diadakan untuk menyembuhkan penyakit. 

Kuda memiliki peranan yang sangat penting bagi suku nomaden di Mongolia karena kuda mempunyai intuitif seperti mengetahui jalan ke padang rumput yang tak terbatas dan membantu pemiliki keluar dari kesulitan selama perang. Kuda adalah teman setia suku - suku nomaden Mongolia. 

Kuda dalam adat tradisi Mongolia menggambarkan kekuatan, hal itu terkait dengan tarian rakyat dipadang rumput yang banyak ditemui gambar kuda, para penari juga meniru penampilan serta karakteristik kuda yang diperagakan melalui gerakan bahu, tubuh, berani dan heroik penunggang kuda serta berbagai gambar kuda. 

Adapun Tarian Perempuan di Inner Mongolia yang terdapat banyak cerita dalam tarianya, Tarian Perempuan yang paling terkenal adalah : 

: (tari memerah susu) tari Jinai
: tari Caihong (tari pelangi)
: tari Zhongwan (tari mangkuk)
: tari Kuaizi (tari sumpit)
: tari Andai

Semoga bermanfaat. 
Floryday WW

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Floryday WW