Mengenal Jenis - Jenis Musik Afghanistan

Mengenal Jenis - Jenis Musik Afghanistan - Musik Tradisional Afghanistan sangat erat kaitanya dengan instrumen, musik tanpa nanyian religi tidak dianggap sebagai musik. Na't adalah lagu yang digunakan untuk menyanyikan zikir yangberasal dari sufi. Selain na't juga gaya nyanyian solo serta grup syiah seperti : 

Mengenal Jenis - Jenis Musik Afghanistan

: mursia
: manqasat
: nowheh
: rowzeh

Adapun pengecualian aliran Chisti Sufi di Kabul dalam menggunakan istrumen seperti rubab, tabla serta alat musik sejenis dalam peribadahan mereka, musik serupa disebut "tatti" yang berarti "makanan untuk jiwa". 

Musik Afghansitan terdapat berbagai ragam gaya, perbedaan tersebut terjadi selama berabad - abad mulai dari etnis, linguistik, regional, agama hingga hal sangat kompleks. Terdapat beberapa cara yang digunakan untuk mengklasifikasi musik Afghanistan ke bahasa dan wilayah, yaitu : Pashtu, Persia, Logari, Shomali dan sebagainya. 

Sesuai dengan klasifikasinya terdapat perbedaan dari bentuk Afghanitan murni dengan gaya musiknya, hal tersebut jika ditinjau secara teknis.  Terdapat empat kategori musik yang terdapat di Afghanistan, yaitu : 

: India klasik
: Mohali (gaya rakyat dan regional)
: Barat 
: Gaya musik unik di Afghanistan

Kesemua musik yang berkembang di Afghanistan tetap sebagai musik Afghanistan, menurut musisi Farsi. 

Musik Pop Afghanistan tidak terlepas dari keberadaan penyiaran radia pada tahun  1925 dan musnah karena stasiunya hancur pada tahun 1929. Radio yang menjangkau seluruh negeri Afghanistan mulailah musik populer berkembang dan semakin penting. 

wanita pertama yang dikenal sebagai penyanyi live radio  dikenal dengan Parwin, dan dilanjutkan Farida Mahwash penyanyi salah satu penyanyi pop radio yang mendapat gelar ustad (master). 

Musik Hip hop adalah musik yang paling banyak digemari oleh para pemuda afghanistan dan komunitas imigran. Bahasa yang digunakan dalam musik hip hop AFghanistan adalah bahasa Dari, Pashto dan Inggris. 

Adapun artis populer adalah DJ Besho (Bezhan Zafarmal), yang merupakan seorang penduduk Kabul.

 Awesome Qasim, yang dikenal di Kanada dan bisa rap dalam Bahasa Farsi, Pashto, dan Inggris. pada bulan Februari 2013 di Kanada Album pertama Qasim keluar. 

 Soosan Firooz adalah seorang musisi kabul yang digambarkan sebagai rapper wanita pertama Afghanistan. Wanita lainya adalah  Sonita Alizadeh karena menulis musik protes perkawinan paksa, sehingga wanita tersebut mendapatkan ketenaran. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel