Monumen Bersejarah Tugu Proklamasi DKI Jakarta Pusat

Monumen Bersejarah Tugu Proklamasi DKI Jakarta Pusat - Tugu Proklamasi juga dikenal dengan Tugu Petir berupa patung dua tokoh proklamator Soekarno - Hatta yang terletak di kompleks Taman Proklamasi di Jl. Proklamasi (dahulunya disebut Jl. Pegangsaan Timur No. 56), Jakarta Pusat. 

Monumen Bersejarah Tugu Proklamasi DKI Jakarta Pusat

Tugu proklamasi di buat untuk memperingati proklamasi kemerdekaan RI dengan rancangan pada bagian tengah patung tokoh proklamasi  terdapat patung berupa naskah proklamasi yang terbuat dari batu marmer hitam yang disusun dengan naskah ketikan asli. 

Monumen patung tersebut dijadikan tempat spesial pada acara peringatan Hari Kemerdekan RI setiap tahun setelah era reformasi, begitu juga para demonstran yang menjadikan tempat berkumpul untuk menyuarakan pendapat.  

Monumen bersejarah tersebut menjadi perhatian dunia pada tahun1945 setelah terlepas dari jajahan kolonialisme. 

Luas bangunan Tugu Proklamasi 4 hektare yang dibagi menjadi tiga bagian. Pada bagian pertama dibangun pada tahun 1946 sebagai hadiah satu tahun kemerdekaan Indonesia. 

Tugu Proklamasi mempunyai banyak sebutan sesuai dengan peristiwa yang melatarbelakanginya, Apa saja sebutan tugu proklamasi adalah sebagai berikut : 

: Tugu Jarum Tugu Wanita, adapun pendapat kalau monumen tersebut diprakarsai atau dibuat oleh para wanita Jakarta pada waktu itu. 

: Tugu Petir sebagaimana dimaksudkan sebagai titik tokoh proklamasi Soekarno membacakan teks proklamasi, peristiwa yang melatarbelakanginya adalah kemerdekaan Indonesia yang berlangsung mendadak ibarat sebuah petir. 

Daya Tarik dan Makna Tugu Proklamasi : 

Terdapat 17 sirip yang dimaknai tanggal 17, dan terdapat dengan ketinggian 8 meter sebagai sirip terpanjang yang dimaknai bulan kedelapan atau Agustus. Sedangkan dan jumlah 45 pundak - pundak yang terdapat pada sirip dimaknai sebagai simbol tahun kemerdekaan yaitu tahun 1945. 

Tugu Proklamasi diresmikan tanggal 17 Agustus 1972 oleh Menteri Penerangan Budiardjo dan oleh Presiden Soeharto meresmikan Monumen Proklamasi tanggal 17 Agustus 1980. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel