Monumen Nasional Tugu Monas Beserta Makna Simbol Desain Rancangan

Monumen Nasional Tugu Monas Beserta Makna Simbol Desain Rancangan - Monumen Nasional terdapat di tengah - tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat didirikan pada masa Pemerintahan Presiden Soekarno. Monumen tersebut adalah simbol para pejuang yang melakukan perlawanan terhadap pemerintah Kolonial Hindia Belanda. Lidah Api yang terdapat pada Tugu Monas adalah simbol dari semangat juang yang menyala - nyala. 

Monumen Nasional Tugu Monas Beserta Makna Simbol Desain Rancangan

Pembangunan Tugu Monas setelah tersebut terinspirasi akan keberadaan Menara Eiffel, hingga sayembara digelar yang pada waktu itu Soekarno mengutus R.M. Soerdarsono untuk merancang Tugu setara dengan menara Eiffel.

Kemudian Soerdasono merancang 17, 8 dan 45, melambangkan 17 Agustus 1945 memulai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ke dalam rancangan monumen itu dan akhirnya tugu sebagai peringatan nasional dibangun seluas 80 hektare dengan arsitek Frederich Silaban dan R. M. Soedarsono, mulai dibangun 17 Agustus 1961.

Monumen Nasional Tugu Monas Beserta Makna Simbol Desain Rancangan

Tugu Sebagai Peringatan Nasional atau Monumen nasional mempunyai makna filosofis yang mendalam. Seperti yang telah diulas sebelumnya makna dari desain Tugu Monas selain bangunan megah tersebut salah satunya adalah lidah api dengan berlapis emas yang diletakan pada cawan dengan ketinggian tujuh belas meter dari dasar.  

Ketinggian cawan yang tujuh belas meter bukan berarti tidak mengandung arti selain menghasilkan tampilan yang serasi tetapi dan bermakna lahirnya bangsa Indonesia yaitu tanggal tujuh belas. 

Berat emas yang di puncak Tugu Monas awalnya hanya tiga puluh kilogram dan ditambahkan lapisan emas pada tahun 1995 setelah Indonesia merayakan hari ulang tahun kemerdekaan. 

Desain rancangan di puncak Tugu Monas penuh dengan makna selain lapisan emas adalah ketinggian antara dasar cawan hingga ruang museum yang berukuran 8 meter dan ukuran bujur sangkar pada cawan, hal itu sebagai lambang bulan ke delapan sebagai bulan keramat bangsa Indonesia atau bulan kemerdekaan RI. 

Kemegahan Monumen Tugu Monas dengan luas halaman berbentuk bujur sangkar dengan ukuran panjang dari masing - masing sisinya adalah empat puluh lima meter dan sesuai dengan pembacaan Teks Proklamasi oleh Presiden Soekarno pada tahun 1945. 

Tampilan Monas sesuai dengan keinginan Soekarno yaitu lingga dan yoni

: Lingga berarti maskulin
: Yoni berarti feminim
Lingga dan Yoni dalam kebudayaan nusantara adalah simbol dari kesuburan dan kesejahteraan, jadi simbol Monas adalah lambang cita - cita bangsa Indonesia selalu berusaha untuk mencapai kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat secara bersama dan bergotong royong. 

Adapun dari beberapa pihak yang menafsirkan pasangan antara "alu" (batang Tugu Monas) dan "lesung" / lumpang (lantai penopang, wadah penumbuk padi) yaitu alat yang digunakan untuk menumbuk padi oleh para petani di Indonesia. Hal itu terkait alam Indonesia sebagai negara agraris dengan panen padi melimpah sebagai makanan pokok sebagian besar rakyat Indonesia. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel