Monumen Patung Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro

Monumen Patung Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro - Monumen Patung Diponegoro adalah Patung untuk mengenang Patung Pangeran Diponegoro sebagai pahlawan nasional Indonesia yang terletak di Taman Monas Jakarta Pusat

Monumen Patung Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro

Keindahan patung Pangeran Diponegoro merupakan hasil dari gagasan bekas Konsul General Italia di Indonesia Dr. Mario Pitta yang menganggumi terhadap bangsa Indonesia. Pada tahun 1963 Dr. Mario Pitta menyatakan keinginanya kepada Kedubes RI di Italia yang dijabat oleh Hadi Thayeb dan agar membuat patung para pahlawan nasional kemudian dipilihlah Patung Pangeran Diponegoro. Patung tersebut sebagai kenang - kenangan selama Dr. Mario Pitta menjabat sebagai konsul. 

Cobertaldo adalah pemahat terkenal asal Italia yang membuat patung Pangeran Diponegoro. Patung tersebut dikirim ke Indonesia oleh Dr. Mario Pitta. Dalam Proses pembuatan Patung Cobertaldo melakukan penelitian berbagai tipe orang Indonesia juga mempelajari sejarah dan Kebudayaan Indonesia, hingga posisi kuda yang dipakai Diponegoro dipelajari berhari - hari dan dibuatlah Patung perunggu Pangeran Diponegoro selama setahun 1965 di Italia. 

Patung Diponegoro didesain sedemikian rupa dengan memiliki nilai keindahan tersendiri, yaitu Pangeran Diponegoro yang memakai sorban sedang menunggang kuda dengan posisi berdiri menjulang tinggi yang terlihat gagah serta kedua kaki kuda yang terangkat keatas. Patung tersebut terletak di dekat pintu masuk dekat Tugu Monas. Sedangkan untuk informasi patung Pangeran Diponegoro terdapat didekat patung. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel