Monumen Patung Selamat Datang (Ikon Jakarta) Di Bundaran Hotel Indonesia

Monumen Patung Selamat Datang  (Ikon Jakarta) Di Bundaran Hotel Indonesia - Patung monumen selamat datang terletak di Bundaran Hotel Indonesia Jakarta. Patung tersebut diciptakan oleh tim pematung keluarga Arca yang dipimpin oleh Edhi sunarso.

Patung yang terbuat dari perunggu tersebut menghadap keutara guna menyambut orang yang datang dari arah Monumen Nasional. Fungsi dari Patung ikon Jakarta tersebut  juga digunakan sebagai penunjuk jalan para wisatawan yang berkunjung. 

Monumen Patung Selamat Datang (Ikon Jakarta) Di Bundaran Hotel Indonesia

Patung Selamat Datang dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno dalam rangka Asian Games IV yang pada waktu itu diadakan di Jakarta di Stadioan terbesar di se -Asia Tenggara. 

Rancangan awal pembuatan patung dikerjakan oleh Henk Ngantung yang menjabat sebagai wakil gubernur DKI Jakarta. Ketinggian Patung mencapai kurang lebih 5 meter dari kepala sampai kaki, dan ketinggian patung perunggu secara keseluruhan dari kaki hingga tangan melambai +-7 m, dan tinggi patung adalah 10 meter. 

Pembuatan patung perunggu memakan waktu sekitar satu tahun dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1962.

Patung Selamat Datang juga dikenal dengan sebutan Patung Bundaran Hotel Indonesia (HI), hal itu karena memang patung berdekatan dengan Bundaran Hotel Indonesia yang terletak di tengah persimpangan jalan M.H. Thamrin dengan Jalan Imam Bonjol, Jalan Sutan Syahrir, dan Jalan Kebon Kacang. 

Restorasi Bundaran Hotel Indonesia adalah penambahan air mancur baru, kolam renang dan pencahayaan oleh PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama. Bundaran HI setelah era reformasi semakin populer untuk aksi demonstrasi, dan setiap pada hari minggu  digelar Jakarta Car free day, sehingga bundaran HI dipenuhi  dengan aktivitas berolahraga, bersepeda atau pedagang kaki lima. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...