Ragam Jenis Alat Musik Sulawesi Utara Deskripsi Alat Dan Cara Membunyikan

Ragam Jenis Alat Musik Sulawesi Utara Deskripsi Alat Dan Cara Membunyikan - Sulawesi utara merupakan provinsi yang beribukota di Manado yang terkenal dengan pesona alamnya. Kesenian yang berkembang di daerah Sulawesi Utara sangatlah beragam selain tarian daerah juga kesenian alat musik daerah. 

Ragam Jenis Alat Musik Sulawesi Utara Deskripsi Alat Dan Cara membunyikan

Berikut ini adalah ragam jenis alat musik daerah di Sulawesi Utara, diantaranya : 

1. Arababu
2. Kolintang
3. Oli
4. Salude
5. Sasesahang

Arababu 
Alat musik arababu menyerupai rebab, alat tersebut asli berasal dari Sulawesi Utara yang cara membunyikanya dengan cara digesek. Berdasarkan sejarah alat musik Arababu, pada awalnya alat musik Arababu berkembang di Maluku yang dibawa oleh pedagang Arab yang tinggal di Indonesia, alat menyerupai alat musik rebab tersebut akhirnya berkembang dan berevolusi sehingga tercipta alat Arababu. 

Berdasarkan cara memainkanya alat musik Arababu dibunyikan dengan cara digesek dan termasuk alat musik melodis. Alat tersebut terdiri dari satu senar atau dawai berbeda dengan rebab yang terdiri dari dua senar. 

Pegangan batang pada alat musik Arababu terbuat dari bambu yang dirangkai dengan tempurung kelapa sebagai tempat resonansi bunyi yang dihasilkan dari dawai. 

Sedangkan alat yang digunakan untuk menggesek Arababu berbentuk busur. Dalam pertunjukanya alat musik Arababu dimainkan dengan alat musik lain daerah Maluku seperti tifa dan gong, nuansa yang dihasilkan dari Arababu bernuansa Melayu, dan lagunya bersyair nasihat, doa serta cerita tentang kehidupan. 

Kolintang
Alat musik Kolintang adalah alat musik daerah di Sulawesi Utara yang paling terkenal dari sekian alat musik daerah tersebut. Baca Kolintang Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara.

Oli 
Oli pembuatanya dengan bahan dasar bambu, dan cara membunyikanya dengan cara ditiup pada ronga mulut pemain yang berfungsi sebagai lubang resonator. Untuk memainkan alat musik tersebut didukung dengan nafas yang kuat. 

Alat musik Oli juga banyak ditemui dalam kebudayaan Melayu dan diduga dengan nama yang berbeda. Alat musik tersebut menjadi salah satu alat musik tradisional yang dilindungi pemerintah. 

Alat musik yang tersebut digunakan untuk upacara budaya Sukur "Tolide" di daerah Sangihe yang diselenggarakan setiap tahun. Upacara tersebut adalah sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas karunia Tuhan. Alat musik Oli juga dimainkan dalam berbagai pentas alat musik daerah lainya seperti Bansi, Salude, Arababu, dan Sasesahang.

Salude
Salude adalah alat musik tradisional yang berasal dari Provinsi Sulawesi Utara yang terbuat dari bambu, alat tersebut mirip dengan alat musik gitar dan termasuk dalam kategori alat musik idio-kordofon. Terdapat dua buah senar yang dibuat dari kulit ari bambu. 

Lubang resonator dihasilkan dengan melubangi pada bagian tengah bambu, sedangkan cara bermain  salude dengan belajar memtik serta memukul dengan menggunakan pelepah pisang. 

Sasesahang
Alat musik Saseahan terbuat dari bambu dan cara memainkanya dengan dipukul ke tangan kiri dan nada diatur melalui jari tangan kanan. 

Berdasarkan teknik pembuatanya bambu Saseahang dibelah dan pada salh satunya berbentuk runcing seperti parung burung atau garpu. Bunyi yang dihasilkan alat tersebut adalah dengungan lembut. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...