Sejarah :: Keindahan Dan Keunikan Teknik Pembuatan Seni Keramik Cina

Sejarah :: Keindahan Dan Keunikan Teknik Pembuatan Seni Keramik Cina - Karya seni kriya di Cina telah mencapai kejayaanya pada masa Dinasti Sung  (960-1127 M) dan kejayaan seni lukis mencapai puncaknya di Cina selaras dengan tema pemadangan yang berciri penggunaan warna monokromatik. 

Sejarah :: Keindahan Dan Keunikan Teknik Pembuatan Seni Keramik Cina

Pada masa dinasti tersebut juga banyak ditemukan peninggalan seni keramik seperti Lunc’uan, Ting Yao, Chingtechen dan Dien Yao. Kesenian Cina mengalami kemajuan pesat pada masa Dinasti Ming (1368-1644 M) setelah uang kertas berkembang pada masa dinasti Mongol (115-1368 M). 

Karya seni pada dinasti Ming dibuat lukisan besar, barang porselen serta bangunan - bangunan megah dan sebagainya. Seni keramik semakin menonjol setelah ditemukan teknik Glasir yang berpusat di Cingtrohen. Adapun beberapa jenis Seni keramik yang terkenal, diantaranya: 

: Keramik san tsai yang menggunakan tiga warna
: keramik wu tsai yang menggunakan lima warna
: keramik nanking yang menggunakan warna biru putih

:: Contoh beberapa Karya Seni Kriya ::

Seni Keramik :
Senik keramik Cina telah ada sejak ratusan tahun lalu dengan ciri tahapan teknik pembuatan dengan 'Glasir'. Karya yang dihasilkan seperti : mangkok, guji, pot bunga yang digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. 

Mou Tan (Bunga peony) :
Karya yang menggambarkan simbol musim bunga, dan digelar sebagai 'Permaisuri bunga' sebagai sifat kewanitaan dan simbol kegemebiraan. 

Motif yang terdapat pada Mou Tan :
: Liu (Pokok Willow)
: Ju (Buluh)
: Lian Hua (Bunga teratai)

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel