Sejarah Perkembangan Alat Musik Perkusi UDU Afrika

Sejarah Perkembangan Alat Musik Perkusi UDU Afrika - Alat Musik UDU Afrika termasuk dalam kategori musik perkusi, alat tersebut berasal dari Nigeria, Afrika. UDU berupa alat berupa bejana dan terdapat lubang disalah satu sisi dan fungsi utamanya digunakan untuk menyimpan air serta makanan. Dalam perkembanganya alat musik tersebut digunakan dalam ansambel musik utama diberbagai di Benua Afrika. 


Konstruksi alat terbuat dari tanah liat dan bebatuan, UDU yang terbuat dari tanah liat menghasilkan bunyi yang bagus tetapi kekurangan dari alat tersebut mudah pecah karena kerapuhan. 

Pada awalya alat musik tersebut dikembangkan oleh wanita suku Igbo yang mendiami diwilayah timur Nigeria. Igbo berarti pot atau bejana dalam bahasa Igbo dan UDU tradisional dimainkan dalam upacara formal bagi wanita. UDU hanya dibuat oleh wanita pada tradisi suku Igbo dan pria tidak diperbolehkan berurusan dengan pembuatan tembikar. 

UDU terdiri dari dua jenis ukuran, ukuran kecil teridir dari dua lubang dan UDU besar hanya terdapat satu lubang. 

UDU kini terkenal di luar Afrika dengan berbagi inovasi dan menghasilkan warna bunyi suara yang beragam jika dibanding dengan UDU tradisional. 

Cara Bermain UDU : 
UDU adalah alat musik jenis perkusi. Sebagian besar  cara membunyikan UDU dengan cara dipukul, tetapi terdapat teknik lain dalam bermain alat tersebut, seperti L mengetuk dengan jari pada bagian alat, menggerakan tangan disekitar lubang, menutup lubang dan menabun badan UDU. Semua teknik tersebut menghasilkan bunyi yang beragam dan bervariasi. 

Semoga bermanfaat. 
Floryday WW

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Floryday WW