Sejarah Perkembangan Seni Kriya Cina

Sejarah Perkembangan Seni Kriya Cina - Perkembangan karya seni kriya Cina kuno atau purba bersumber dari ajaran Lao Tze (Taoisme) yang diajarkan oleh seorang filsuf pada zaman 4 masehi. Ajaran tersebut akhirnya menjadi sumber dari segala pemikiran Cina kuno, dan alam pemikiran para seniman. 

Sejarah Perkembangan Seni Kriya Cina

Seniman Cina yang terkenal adalah Tsu Ding (375-443 M) dan konfusius. Tsu Ding mengungkapkan pendapatnya bahwa seni tidak terlepas dari kemurnian jiwa. Sedangkan konfusius filsuf abas 4 masehi, seseorang yang akan melukis harus mempunyai dasar hati yang bersih. 

Peradaban Cina Kuno secara garis besar dibagi menjadi beberapa periode di mulai : 

: : Dinasti Hsia (19950-1550SM)::
Sebagai tonggak pertama dalam sistem pemerintahan dan kehidupan kesenian. 

:: Dinasti Shang (2550-1050 SM) ::
Jenis kesenian seni rupa yang berkembang dengan ditandai munculnya huruf Cina yang berbentuk pitograf (huruf cina tertua) juga ragam hias yang berupa ular naga, burung phoenix dan benda gangsa dan rumah dari batu. 

Kesenian yang berkembang dari setiap periode mempunyai ciri bentuk kesenian tersendiri. Hal tersebut karena terjadi akulturasi budaya antara negara satu dengan yang lain sehingga banyak kesenian dengan corak baru. Misalnya, pengaruh agama budha terhadap kesenian Cina. 

Selengkapnya baca : Sejarah Seni Kebudayaan Cina

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel