Sejarah Seni Kebudayaan Cina

Sejarah Seni Kebudayaan Cina - Kebudayaan seni di Cina adalah warisan budaya yang tertua di dunia dengan nilai estetis yang tinggi. Jenis karya seni visual misalnya dimulai sejak 400 SM. Karya - karya seni yang ditemukan berupa karya seni kuno yang terdapat di makam para raja  serta para saudagar kaya.

Sejarah Seni Kebudayaan Cina

Selama empat dinasti puncak kegemilangan karya seni Cina terjadi. Keempat dinasti tersebut adalah : 

: Han (202 SM - 220 M)
: Tang (618 - 907 )
: Sung (960 - 1279 )
: Ming (1368 - 1644)

Kegemilangan yang dicapai pada masa kejayaan empat dinasti tersebut adalah karya seni berbentuk lukisan, pahatan. tembikar, ukiran gading, giok dan sebagainya, juga desain eksterior dan interior. 

Terdapat dua hal yang ditekankan oleh pemerintahan komunis yang berkuasa di Republik Rakyat Cina, yaitu : 

: Pertama kesenian harus tumbuh dari rakyat dan dari petani, serdadu, pekerja yang diabdikan guna kepentingan rakyat. 

: Kedua, karya seni menampilkan tujuan yang akan dicapai oleh pemerintahan komunis, sehingga obyek karya seni yang muncul seperti kejadian revolusi komunis, kehidupan para petani, pemerintah Cina juga mendukung pelestarian dari berbagai tarian rakyat dan seni tradisional. 

Seni Lukis : 

Selain karya seni tersebut adalah karya kesusastraan Cina, Penuntun Nyanyian adalah karya sastra pertama yang dianggap besar berupa kumpulan puisi. Dari beberapa bagian puisi diperkirakan ditulis sejak tahun 1100 - an SM, dan seni lukis telah ada sejak tahun 300 anSM yang menggunakan obyek lukisanya dari bentuk manusia. 

Obyek lukisan mulai berubah setelah tahun 900 yang berkembang dengan obyek benda alam dan fauna seperti burung, ikan yang dijadikan inti dari seni lukis Cina. Sedangkan pada masa pemerintahan dinasti Sung obyek lukisan berupa air pegunungan, puncak gunung, permukaan air dan sebagainya. Obyek lukisan tersebut sebagai penggambaran keselarasan alam dan jiwa manusia. 

Puisi dan kaligrafi bertalian erat dengan karya lukis Cina, secara turun temurun seni Kaligrafi adalah bagian dari seni lukis, penggabungan antara 'shan-shui' dengan karya bertulis 'yarn' sebagai bagian dari rancangan keseluruhan karya seni yang telah ada sejak tahun 1200 an. Karya tersebut berisi puisi serta keterangan berbagai kejadian yang mengilhami pencipta lukisan. 

Alat melukis berupa kuas yang digunakan oleh para seniman untuk menciptakan lukisan dan kaligrafi menggunakan kuas yang sama. Kuas tersebut terdiri dari tangkai bambu atau kayu berbulu binatang dengan ujung yang pas. 

Bentuk garis, sudut kuas serta tekanan kuas di dihasilkan oleh seorang seniman melalui torean kuas unik tersebut. Warna tinta yang digemari seniman Cina adalah hitam yang terbuat dari arang kayu cemara dengan campuran lem. Warna lukisan dihasilkan dari zat pewarna alami, sedangkan bidang lukis menggunakan gulungan kain sutera dan mutu lukisan tetap dipertahankan karena kain sutera mudah disimpan. 

Pahatan :

Selain karya lukisan juga terdapat karya Pahatan Cina yaitu berupa patung kecil pada nisan. Tokoh seniman pahat pada dinasti Shan (1766 -1122 SM) dan dinasti Chou (1122 - 256 SM ) dengan berbahan perunggu atau giok. Bejana ukir yang diciptakan dengan obyek fauna dengan ukiran rumit yang digunakan dalam upacara pengorbanan bagi arwah leluhur. 


Tembikar : 

Karya seni Tembikar oleh bangsa Cina sejak zaman prasejarah, dan alat pembuatan telah dikenal sebelum tahun 2000 SM. Misalnya tembikar berbentuk gelas telah diciptakan sejak awal tahun 1300 SM pada masa pemerintahan dinasti Tang,  karya Porselen pertama di dunia. Adapun karya yang diciptakan bentuk piring, dan jambangan selama pemerintahan Dinasti Tang, Sung, Ming dan Ching. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel