Seni Budaya Tradisional Asia :: Korea

Seni Budaya Tradisional Asia :: Korea - Korea terkenal dengan seni dan hiburan yang populer seperti Kpop, drama dan sejenisnya. Ketenaran negara Korea terbentuk dari berbagai unsur seni dan budaya yang terdapat di negara setempat. 

Seni Budaya Tradisional Asia :: Korea

Disisi lain dari kesenian Korea mempunyai tradisi atau kebiasaan yang cukup terkenal di negara tersebut. Tradisi yang di laksanakan setahun sekali oleh rakyat Korea disebut "sesi custom"  adalah  tradisi unik Korea untuk mengakselerasikan ritme dari sebuah lingkaran kehidupan tahunan, dan lebih maju di lingkaran kehidupan berikutnya. 

Tradisi tersebut berdasarkan kalender bulan (Lunar Calender) untuk pelaksanaan. Menurut adat Korea Matahari tidak menunjukan karakteristik musiman dan bulan digunakan sebagai penunjuk karakteristik musiman. Dalam tradisi Korea bulan lebih mudah untuk membedakan adanya perubahan musim melalui perubahan fase bulan. 

Terdapat lima dewa yang disembah dan dipercaya dapat merubah nasib serta keberuntungan dalam tradisi tersebut, yaitu : 

- irwolseongsin (dewa matahari bulan dan bintang)
- sancheonsin (dewa gunung dan sungai)
- yongwangsin (raja naga)
- seonangsin (dewa kekuasaan)
- gasin (dewa rumah)

Penyembahan lima dewa tersebut dipertunjukan kesenian tradisional musik dan tari. Alat musik tradisional korea : 

: hyeonhakgeum (sejenis alat musik berwarna hitam berbentuk seperti pipa terdiri tujuh dawai) 
: gayageum (alat musik mirip hyeonhakgum tetapi bentuk, struktur, corak, dan cara memainkannya berbeda dan memiliki dua belas buah senar).

Tarian Tradisional Populer di Korea : 
: cheoyongmu (tarian topeng)
: hakchum (tarian perang)
: chunaengjeon (tarian musim semi). Tarian chunaengjeon disajikan sebagai tanda terima kasih kepada dewa irwolseongsin dan dewasancheonsin atas keberhasilan panen.

Acara makan wajib dengan dengan sanak sudara (orang tua dengan anaknya) pada sebuah acara makan malam yang terlebih dulu diawali dengan 'kimchi' yang berlanjut “complete food session”.

Mitos Tradisi Korea : 
Terdapat mitos yang dipercaya untuk memperoleh keberuntungan dengan yang disebut dengan “nut cracking” adalah memecahkan kulit kacang - kacangan yang keras pada malam pertama malam tahun baru. 

Mitos lain “treading on the bridge” adalah ritual berjalan santai dengan melewati jembatan di bawah bulan purnama yang dipercaya membuat kaki kuat sepanjang tahun. 

Sedangkan ritual "hanging a lucky rice scoop” ritual dengan menggantungkan sendok yang digunakan untuk mengambil nasi disebuah jendela yang dipercaya akan memberi beras yang melimpah. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel