Pengertian Dan Contoh Tarian Kreasi Baru

Pengertian Dan Contoh Tarian Kreasi Baru - Tari Kreasi Baru adalah bentuk tari yang telah dikembangkan yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan telah mengalami pembaharuan dari tari sebelumnya. Tari Kreasi baru juga dikenal sebagai jenis tari yang telah mengalami pembebasan dari penciptaanya yang biasanya mengacu dari seni tradisi setempat. 

Adapun beberapa dari koreografer yang mengambil gerakan tari yang berasal dari daerah lain dan kemudian dikembangkan serta terlepas dari ikatan tradisi yang disebut dengan gerakan tari modern. 

Hasil karya tari kreasi baru muncul dan dikenal pada tahun  1950-an dan relatif masih muda dengan pembaharuan - pembaharuan tertentu yang dapat dijumpai di beberapa daerah seperti di daerah Jawa Tengah yang memiliki berbagai macam jenis tari kreasi baru. 

Berikut Tari Kreasi Baru : 

- Tari Nguri 
Tarian tradisional yang terisnspirasi dari daerah Sumbawa pada saat raja tertimpa duka yang beruntun, ucapan yang lemah lembutpun dilontarkan oleh para wanita yang berusaha untuk menghibur raja yang dalam bahasa daerahnya disebut "Kuri". 

Tari Nguri telah dihayati oleh para pendukungnya, dan sesuai dengan perkembangan zaman tari Nguri digunakan untuk penyambutan, gerakan tarian tersebut diantaranya : gerak tanak, renat, linting, sere, basalunte dan lain-lain yang merupakan Tari Sumbawa.

- Tari Kuntulan 
Tari Kuntulan dikenal oleh masyarakat pemalang pada awal abad 20 yang pada waktu itu para tokoh daerah Pemalang ikut berjuang dengan dibentuknya kumpulan bela diri khususnya pencak silat yang menggunakan musik iringan jenis perkusi seperti: rebana, bedug serta dikumandangkan sholawat nabi yang terkesan sebagai kesenian religius. 

Tari Kuntulan sebagai tari hiburan dipentaskan dalam acara hajatan, hari besar nasional dan sebagainya dengan perpaduan ilmu pencak silat berupa jurus - jurus bela diri yang artisitik. 

- Tari Merak 
Tari Merak berasal dari daerah Jawa Barat. 


- Tari Rara Ngigel
Tarian ini adalah sebuah tari yang menceritakan seorang gadis yang beranjak dewasa dan diperagakan oleh wanita dan berpasangan dengan pria. Sedangkan gerakan tari yang lembut diinspirasi dari gerakan tari gaya Yogyakarta dan gerakan tari tegas dan patah - patah diinspirasi dari gerak Jawa Barat. Kostum tari Rara Ngigel adalah percampuran dari budaya Jawa dan Cina seperti tusuk konde yang dipakai pada bagian kepala. 

- Tari Kupu – Kupu
Keindahan tari kupu - kupu telah diakui masyaralat internasional dari sekian banyak tari yang berasal dari pulau Bali, hal itu tak heran dengan budayawan serta seniman Bali yang terkenal dalam pentas dunia seni internasional. 

Tarian tersebut dipentaskan oleh grup wanita sejumlah lima atau lebih yang menggambarkan kupu - kupu biru tua atau tarum yang hinggap dari bunga satu ke bunga lainya. 

Sedangkan secara filosofis tarian kupu - kupu adalah gamabran dari keindahan pulau Bali. Sedangkan kostum yang dipakai berwarna biru, kuning emas, hijau tua mahkota berkilauan dengan pernik - pernik keemasan, menggambarkan kontrasnya perbedaan dan keindahan, seperti keindahan alam, kondisi sosial. Tari tersebut menggunakan musik iringan gamelan Bali yang lembut. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel