Sejarah Perkembangan Seni Tipografi Seni Menata Huruf

Sejarah Perkembangan Seni Tipografi Seni Menata Huruf - Tipografi adalah suatu kesenian dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin (Sumber : Wikipedia). 

Dalam perkembanganya ilmu tipografi dengan penerapan yang berbeda - beda, misalnya seorang desainer grafis yang menggunakan tipografi sebagai dasar penciptaan, antara seniman yang satu dengan yang lain dalam mendalami tipografi ada yang sampai akar- akarnya dan ada pula yang sebagai pendukung profesi menjadi seorang desainer. 

Sejarah Perkembangan Seni Tipografi Seni Menata Huruf

Ilmu Tipografi sangat berperan terhadap karya desain yang diciptakan dalam menggunakan huruf yang merupakan elemen penting dalam desain, seperti karya poster, brosur, desain logo dan sebagainya. Setiap desainer tentunya mempunyai ciri khas tersendiri dari setipa ide kreatid yang diciptakan dengan memanfaatkan seni rupa huruf sebagai elemen utama. 

Sejarah Tipografi 
Awal sejarah perkembangan tipografi dimulai dari penggunaan piktogram berupa gambar untuk menyampaikan makna tertentu yang digunakan oleh bangsa "Viking Norwegia" dan "Indian Sioux". 

Sedangkan di Mesir pada sekitar abad 1300 SM berkembanga jenis huruf Hieratia atau dikenal dengan nama "Hieroglif". Perkembangan Tipografi akhirnya menyebar dan berkembang hingga sampai Kreta, Yunani dan menyebar ke seluruh Eropa. 

Perkembangan seni tipografi mencapai puncaknya pada abad abad 8 SM di Roma saat orang Romawi mulai membentuk kekuasaannya. Huruf - huruf Romawi terbentuk dari sistem tulisan Etruria produk asli Italia yang dipelajari oleh bangsa Romawi karena Romawi tidak memiliki sistem tulisan senidir. 

Perkembangan sampai saat ini mengalami perkembangan mulai dari penciptaan tangan hingga komputerisasi, dengan komputerisasi memudahkan dalam membuat tipografi serta waktu yang lebih cepat dengan berbagai jenis pilihan huruf. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel