Tari Jaipong Seni Budaya Jawa Barat Dan Perkembanganya

Tari Jaipong Seni Budaya Jawa Barat Dan Perkembanganya - Tari Jaipong adalah tarian tradisional daerah sunda Jawa Barat yang paling terkenal. Gugum Gumira adalah seorang seniman yang berasal dari Bandung dan merupakan seniman yang memperkenalkan seni tari Jaipong pada tahun 1960 an.

Tari Jaipong Seni Budaya Jawa Barat Dan Perkembanganya

Tari Jaipong diciptakan berdasarkan kekayaan seni masyarakat nusantara utamanya yang berasal dari Jawa Barat. Tari Jaipong diciptakan dari beberapa kesenian rakyat yang telah ada sebelumnya seperti kesenian : ketuk tilu, kliningan dan Ronggeng. Tarian jaipong diciptakan mempunyai berbagai gerakan, seperti gerak:  keceriaan, erotis, humoris, semangat dan spontanitas serta kesederhanaan (alami/apa adanya). 

Dalam hal penciptaan tari tradisional misalnya tari priangan atau tarian topeng yang berkembang di Jawa Barat dipengaruhi oleh tarian tradisional kebudayaan lokal, sedangkan untuk tari pergaulan dipengaruhi oleh seni tarian elite yang berasal dari Mancanegara.

Sementara tari ronggeng tidak berfungsi sebagai tarian upacara melainkan digunakan untuk acara hiburan semata yang mempunyai daya tarik serta mengundang beberapa simpati dari masyarakat pendukungnya. 

Contohnya adalah tari Ketuk Tilu yang merupakan seni pertunjukan rakyat dengan dukungan unsur - unsur yang sederhana, dengan pola gerak yang tidak tetap dan selalu berubah - ubah, sedangkan kostum yang digunakan oleh para penari yang sederhana yang merupakan lambang cermin kerakyatan. 

Tari Jaipong memberikan pengaruh terhadap para penggiat seni yang dalam pencarian jenis tarian rakyat yang awalnya tarian rakyat kurang diperhatikan, sehingga keberadaan tari Jaipong dimanfaatkan oleh penggiat seni tari seperti kursus tari Jaipong dan sebagai hiburan ditempat - tempat hiburan malam melalui daya tarik seni tari Jaipong. Hal tersebut sebagai usaha dalam memberdayakan ekonomi dan membuka peluang usaha bagi penggiat tari. 

Pertunjukan tari Jaipong sebagai kesenian tradisional digunakan untuk menyambut tamu kenegaraan, misalnya menyambut tamu dari negara asing yang berkunjung ke Jawa Barat. Kesenian Jaipong dalam perkembanganya memberikan inspirasi terhadap kesenian lain yang ada di Jawa Barat seperti kesenian :

- wayang
- degung
- genjring/terbangan
- kecapi jaipong

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel